10 Game Edukatif Yang Menghibur Untuk Anak Laki-Laki

10 Game Edukatif dan Seru untuk Bocah Jago

Di era digital ini, anak-anak masa kini lebih akrab dengan gawai daripada mainan tradisional. Namun, orang tua tetap bisa menanamkan nilai-nilai edukasi melalui game yang mereka mainkan. Berikut 10 rekomendasi game edukatif yang asyik sekaligus bikin otak encer buat cowok cilik kamu:

1. Duolingo

Aplikasi ini mengajarkan bahasa asing dengan cara yang menyenangkan. Bocah bisa belajar kosakata, tata bahasa, dan frasa sambil bermain kuis, mengumpulkan poin, dan naik level. Tersedia berbagai bahasa, termasuk Inggris, Spanyol, Jerman, dan Prancis.

2. Khan Academy Kids

Game ini dirancang khusus untuk anak-anak prasekolah dan TK. Melalui animasi, video, dan permainan interaktif, Khan Academy Kids mengajarkan matematika, membaca, menulis, dan sains dengan cara yang mudah dipahami.

3. Prodigy Math Game

For the gamers, ini dia game edukasi yang bakal bikin anak-anak ketagihan belajar matematika. Prodigy Math Game menawarkan petualangan fantasi di mana pemain harus menyelesaikan soal-soal matematika untuk melawan monster dan mengumpulkan harta karun.

4. IXL Learning

Platform online ini menyediakan ribuan pertanyaan latihan untuk semua mata pelajaran sekolah, dari matematika hingga sains, bahasa, dan seni. Dengan antarmuka yang ramah anak, IXL Learning membantu bocah menguasai berbagai konsep akademis.

5. Code.org

Belajar coding nggak bakal lagi membosankan dengan Code.org. Game ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer melalui animasi, puzzle, dan permainan yang seru. Cocok banget buat anak-anak yang ingin jadi jagoan teknologi masa depan.

6. National Geographic Kids

Aplikasi ini membawa dunia alam dan budaya ke dalam genggaman anak-anak. National Geographic Kids menyajikan foto-foto menakjubkan, video informatif, dan permainan interaktif tentang hewan, geografi, sejarah, dan banyak lagi.

7. Monument Valley

Game puzzle yang indah ini sekaligus melatih kemampuan spasial dan pemecahan masalah anak-anak. Pemain harus memandu Putri Ida melalui ilusi optik yang membingungkan untuk mencapai tujuannya.

8. Osmo Coding Awbie

Osmo Coding Awbie adalah game yang mengajarkan prinsip-prinsip dasar pemrograman. Anak-anak dapat menggunakan blok fisik dan kamera iPad untuk mengontrol gerakan karakter di layar, membangun pemahaman tentang loop, kondisi, dan variabel.

9. Real Racing 3

Gim balap yang realistis ini bukan hanya sekadar permainan seru, tetapi juga bermanfaat untuk mengasah refleks, koordinasi tangan-mata, dan pengambilan keputusan yang cepat.

10. Minecraft Education Edition

Minecraft Education Edition dirancang khusus untuk sekolah dan siswa. Dengan dunia virtual yang luas dan alat-alat kreatif, game ini mendorong kerja sama, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Ingatlah, game adalah salah satu cara untuk mendukung pendidikan anak-anak. Dengan memilih game yang tepat, orang tua dapat membantu anak-anak memperoleh pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan penting, dan bersenang-senang sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *